Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo melaksanakan kegiatan yang bertajuk Lauching dan sosialisasi program unggulan, yakni Klinik Publikasi Ilmiah dan Lembaga Tes Baca Al-Quran (Lajnatu Ikhtibari Qiraatil Qur’an). Kegiatan ini berlangsung di Gedung Serbaguna IAIN Palopo, Senin, 31 Januari 2022 dan diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa program studi PGMI FTIK IAIN Palopo.

Dalam sambutannya, Sekretaris Program Studi PGMI, Mirnawati, S.Pd.,M.Pd. menjelaskan alasan dibentuknya lembaga ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab program studi untuk mengawal dan memfasilitasi kewajiban para mahasiswa PGMI untuk memenuhi salah satu persyaratan untuk maju ujian skripsi, yakni berhasil melakukan publikasi ilmiah di jurnal nasional terakreditasi dan lulus tes baca Al-Quran secara fasih.

“Hadirnya klinik publikasi ilmiah dan Lajnatu Ikhtibari Qiraatil Qur’an ini semata-mata untuk membantu, mendampingi, dan mengawal mahasiswa PGMI dalam memenuhi kewajibannya sebelum melaksanakan ujian skripsi. Jadi, mulai saat ini tidak adalagi mahasiswa yang merasa publikasi ilmiah di jurnal terakreditasi itu sulit sebab telah dibuatkan wadahnya. Begitupula untuk tes baca Al-Quran.”

Senada dengan hal tersebut, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo, Dra. Nursyamsi, S.Pd.,M.Pd.I. yang membuka secara resmi kegiatan launching tersebut sangat mengapresiasi hadirnya klinik publikasi ilmiah dan Lajnatu Ikhtibari Qiraatil Qur’an.

“saya sangat senang dan bersyukur dengan hadirnya klinik publikasi ilmiah dan lembaga tes baca Al-Quran (Lajnatu Ikhtibari Qiraatil Qur’an) ini. Semoga bisa memecahkan segala persoalan dan menjadi solusi terkait publikasi ilmiah dan tes baca fasih Al-Quran sebagai syarat wajib yang harus dipenuhi mahasiswa menuju ujian skripsi.”

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi program. Bertidak sebagai narasumber dalam sosisalisasi program unggulan PGMI tersebut adalah fasilitator dua lembaga yang dibentuk, Dra. Hj. Nursyamsi, M.Pd.I., Ervi Rahmadani, S.Pd.,M.Pd., Nurwahidah, S.Pd.,M.Pd sebagai tim Lajnatu Ikhtibari Qiraatil Qur’an dan Arwan Wiratman, S.Pd.,M.Pd., Sukmawati, S.Pd.,M.Pd., Lilis Suryani S.Pd.,M.Pd., Nurul Aswar, S.Pd.,M.Pd. sebagai tim kerja klinik publikasi ilmiah PGMI.

Salah seorang mahasiswa PGMI, Noviyanti, sangat terkesan dengan kegiatan lauching ini sebab mendapatkan arahan dan support yang sangat besar dalam pendampingan publikasi ilmiah sebagai syarat penyelesaian studi di program studi PGMI. Ia berharap dua lembaga yang dibentuk ini mampu memfasilitasi dan memastikan para mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu.