Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palopo menerima kunjungan dari Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar di Ruang Rapat FTIK IAIN Palopo, Sabtu (19/02/2022). Kunjungan ini sebagai bentuk silaturahmi dalam rangka penguatan dan tindak lanjut MoU antara UIN Alauddin Makassar dengan IAIN Palopo.

Rombongan Prodi PGMI UIN Alauddin Makassar berjumlah 8 orang terdiri dari dosen dan perwakilan mahasiswa. Dipimpin oleh Ketua Program Studi, Dr. Usman, M.Pd.

Rombongan diterima oleh Wakil Dekan I, Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan FTIK IAIN Palopo, Dr. Munir Yusuf, M.Pd., didampingi oleh Sekretaris Prodi PGMI, Mirnawati, S.Pd.,M.Pd.; Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu, Dr. Firman, M.Pd.; Kepala Lab. Microteaching, Rosdiana, S.T.,M.Kom.; Ketua Gugus Mutu PGMI, Dr. Andi Muhammad Ajigoena, M.Pd.; para dosen dan tenaga kependidikan PGMI IAIN Palopo.

Dalam sambutannya, Munir Yusuf, mengucapkan selamat datang kepada rombongan Prodi PGMI UIN Alauddin. Ia merasa kunjungan tersebut merupakan kunjungan kerabat atau dapat dikatakan orang tua kepada anaknya sebab IAIN Palopo merupakan bagian dari IAIN Ujung Pandang di masa lalu.

“IAIN Palopo dan UIN Makassar tidak dapat dipisahkan sebab IAIN Palopo di masa lalu merupakan bagian dari IAIN Ujung Pandang dan rata-rata dosen IAIN Palopo merupakan alumni dari UIN Alauddin Makassar.

“Tentunya kedatangan Bapak/Ibu rombongan program studi PGMI UIN Alauddin ke IAIN Palopo merupakan kehormatan bagi kami. Oleh karena itu, kami akan berbagi apa yang bisa kami bagi sesuai dengan kebutuhan Bapak/Ibu nantinya.”

Sementara itu, Ketua Prodi PGMI UIN Alauddin, Dr. Usman, M.Pd. berterima kasih telah diterima dengan baik. Ia memuji Prodi PGMI IAIN Palopo yang telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Ia berharap mendapatkan banyak informasi seputar kiat-kiat atau pengalaman PGMI IAIN Palopo dalam menghadapi akreditasi sehingga memperoleh nilai maksimal.

“Tujuan kami, ingin memperoleh informasi sebanyak-banyaknya seputar pengalaman PGMI IAIN Palopo saat menghadapi akreditasi sehingga memperoleh nilai A oleh BAN-PT. Harapannya, setelah kunjungan ini kami bisa mempersiapkan diri menghadapi akreditasi dengan lebih baik lagi sehingga bisa menjadi “unggul” pada akreditasi berbasis 9 kriteria nanti.”

Setelahnya, kegiatan tersebut berlangsung dengan suasana hangat dan semiformal. Tanya jawab terjadi sekira kurang lebih tiga jam lamanya. Sesekali canda tawa memecah dan menunjukkan cairnya pembahasan.

Sekretaris Prodi PGMI IAIN Palopo, Mirnawati, S.Pd.,M.Pd berharap semoga kunjungan ini bisa mempererat tali silaturahmi dan terjalin kolaborasi antara prodi PGMI IAIN Palopo dengan UIN Alauddin dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, khususnya dalam mengisi pos-pos yang ada pada borang akreditasi.

Kegiatan tersebut ditutup dengan penyerahan plakat ucapan terima kasih dari Prodi PGMI UIN Alauddin Makakssar kepada Prodi PGMI IAIN Palopo yang dibalas dengan pemberian cinderamata buku karya dosen dan mahasiswa Prodi PGMI IAN Palopo kepada Prodi PGMI UIN Alauddin Makassar sebagai kenang-kenangan.

Sebelum bertandang ke kampus IAIN Palopo, rombongan prodi PGMI FTK UIN Alauddin Makassar didampingi oleh sekretaris prodi PGMI IAIN Palopo telah terlebih dahulu bersafari ke Pesantren Datuk Sulaiman Palopo Putra. Rombongan diterima oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah, M. Rifal Alwi,S.AN,M.AP beserta guru-guru. Kehadiran rombongan ke pondok pesantren tersebut merupakan rangkaian kegiatan, yakni temu alumni PGMI IAIN Palopo yang menjadi guru di tempat tersebut guna mengetahui keselarasan bekal pembelajaran pada perkuliahan dengan realisasi kerja di lapangan. (***)